Aplikasi Belajar Gratis Kemendikbud Untuk Belajar di Rumah


Teraselektronik.id - Kemendikbud ikut turut bertanggung jawab mengenai liburnya sekolah untuk beberapa minggu kedepan terkait virus Covid-19 Walaupun begitu bukan berarti para pelajar untuk bermain melainkan diharuskan untuk belajar dirumah, dengan akses secara online melalui aplikasi rumah belajar. Saat ini, Kemendikbud telah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan aplikasi android yaitu bernama Rumah Belajar aplikasi ini gratis untuk siswa dan siswi.

Adapun fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal.

Pada fitur Sumber Belajar, siswa dan siswi dapat memilih jenjang pendidikan saat ini, seperti SLB, Default, PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK. Default sepertinya diperuntukan bagi pengguna yang ingin atau sedang skripsi karena logo dari pilihan tersebut menunjukan topi Toga yang identik dengan kelulusan universitas.

Setelah memilih jenjang pendidikan, siswa dan siswi diharuskan memilih kelas, jika sudah maka aplikasi akan menunjukan pilihan mata pelajaran.

Mata pelajaran yang dihadirkan berdasarkan Kemendikbud, untuk kelas 12 SMA mata pelajaran yang tersedia dari Akutansi untuk kelas IPS hingga Biologi untuk kelas IPA dihadirkan.

Beberapa mata pelajaran di aplikasi Rumah Belajar, masih belum lengkap pembelajarannya dari topik hingga konten. Adapun topik berupa pembelajaran dari tulisan dan konten ialah pembelajaran dari video.

Rumah belajar sendir memiliki Fitur selanjutnya yaitu Kelas Digital, kelas ini digunakan oleh para guru untuk berhubungan dengan siswanya. Kelas Digital bisa digunakan oleh pengguna jika sudah log in pada aplikasi Rumah Belajar, jika belum kamu hanya bisa melihat riwayat kelas yang sudah diselenggarakan.

Si bagian bawah halaman Kelas Digital terdapat statistik penggunaan dari berapa jumlah penyelenggara, berapa jumlah kelas dibuat, berapa guru aktif yang terdaftar, dan berapa jumlah siswa aktif.

Sampai saat ini untuk jumlah penyelenggara terdapat 12 ribu, kelas yang dibuat sebanyak 31 ribu, jumlah guru aktif 35 ribu, dan 167 ribu siswa aktif.

Laboratorium Maya merupakan fitur selanjutnya yang menampilkan judul beserta kata pengantar yang berkaitan dengan laboratorium. Laboratorium Maya berguna untuk para siswa yang ingin mencoba bereksperimen sendiri dengan tutorial dari aplikasi Rumah Belajar.

Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id dan diunduh langsung pada Google Play Store.


Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Belajar Gratis Kemendikbud Untuk Belajar di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel