Kisah Dibalik Lahirnya Google 21 Tahun Lalu

Kisah Dibalik Lahirnya Google 21 Tahun Lalu

Teraselektronik.id - Siapa tidak tahu dengan Mesin pencarian internet terbesar di dunia ini dan sudah sering banyak orang yang sering menggunakan mesin pencarian ini sebut saja Om Google, pasti semua orang banyak yang sudah tahu. Kini akhirnya Google merayakan ulang tahunnya ke-21 pada Jumat (27/9/2019). Google lahir dari tiga seorang mahasiswa jenius yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya di Standford.

Tiga orang mahasiswa ini Adalah Larry Page, Sergey Brin, dan Scott Hasan yang pada tahun 1998 sedang menyelesaikan tugas akhirnya. Kala itu mereka sedang merancang sebuah kode pemrogaman untuk mesin pencarian yang mereka bangun.

Tugas akhirnya yang berisi hampir 20 halaman tersebut berhasil menjelaskan beberapa teori-teori akademis dibalik PageRank dan Google. Namun demikian, mereka akhirnya sepakat untuk tidak membuka informasi hal itu lebih jauh kepada publik.

Tugas akhirnya berjudul 'The Anatomy of Large-Scale Hypertextual Web Search Engine' itu kemudian dikemukakan dalam sebuah konferensi pers di Australia pada April 1998.

Tiga orang mahasiswa ini kemudian mulai memberikan lisensi pada perangkat lunak yang dimiliki mereka pada perusahaan lain, dan mereka bertemu dengan CEO Yahoo!, Excite dan Alta Vista.


Pihak Yahoo! bersedia memberikan harga untuk membeli Google dengan harga US$ 1 juta atau setara Rp141.948.000.00.00. Namun mereka menolak, karena harga itu tidak sebanding dengan upaya dan kerja keras yang mereka buat.

Kisah Dibalik Lahirnya Google 21 Tahun Lalu

Di tengah perjalanan sebelum Google diluncurkan, satu orang mahasiswa dari tiga mahasiswa ini yakni Scott Hasan memutuskan untuk pergi meninggalkan Larry Page dan Sergey Brin. Larry dan Sergey akhirnya memutuskan untuk memulai perusahaannya ini dengan tidak lagi bersama Scott Hasan.

Mereka berdua kemudian sepakat menggunakan nama Google karena salah mengeja kata 'googol' diikuti angka 10100 yang menandakan mesin pencarian ini memberikan informasi dalam jumlah besar.

Kisah Dibalik Lahirnya Google 21 Tahun Lalu

"Kami memilih sistem kami dengan nama Google karena pengucapannya mirip dengan googol atau 10100 dan sangat sesuai dengan tujuan kami untuk membangun sebuah mesin pencari dengan skala sangat besar," ungkap Larry dan Sergey yang dilansir dari halaman Google Doodle.

Domain Google kemudian didaftarkan pada tanggal (15/09/1997) dan perusahaan Google resmi berdiri pada 4 September 1998.

Kini, Domain Google telah beroperasi di seluruh dunia seperti Indonesia pun sudah juga menggunakan mesin pencarian ini dalam kebutuhan masyarakat Tanah air, dengan lebih dari 100 bahasa. Perusahaan ini juga menjawab bahwa hasil pencariannya  setiap tahunnya mengasilkan hingga jutaan.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Dibalik Lahirnya Google 21 Tahun Lalu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel