Cara Menangani Laptop Mati Sendiri untuk Semua Merk

Cara Menangani Laptop Mati Sendiri untuk Semua Merk

Cara Menangani Laptop Mati Sendiri untuk Semua Merk
Cara Menangani Laptop Mati Sendiri untuk Semua Merk

Jika Laptop mati sendiri merupakan hal yang kita tidak mau akan terjadi jika pada saat laptop digunakan karena kendala ini merupakan hal yang banyak orang tidak sukai. Terutama bagi kalian yang memiliki pekerjaan dan mata pencaharian mengandalkan keseluruhannya melalui Laptop.

Tanpa laptop mungkin semua orang pasti susah dalam sebuah pekerjaan sehari-harinya melalui Laptop. Jika saat ini kalian sedang mengalami laptop yang sering tiba-tiba mati sendiri, maka ketahui dulu penyebab-penyebabnya Laptop Mati Sendiri .

Kalian jangan langsung terburu-buru dengan keadaan mendesak saat terjadi Laptop mati sendiri. siapa tau laptop tersebut masih bisa diperbaiki. Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada usia laptopnya sudah mungkin cukup tua atau lama, yaitu sudah lebih dari 2 tahun.

Karena pada usia tersebut, ketahanan dan keandalan hardware laptop mulai menurun. Masalah seperti ini akan terjadi jika Sobat Teraselektronik sering menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama.

Berikut Penyebab Laptop Mati Sendiri di bawah ini:

1. Laptop Mengalami Panas Berlebihan (Overheat)

Salah satu penyebab paling umum untuk permasalahan laptop sering mati sendiri adalah karena mengalamai keadaan panas berlebihan atau overheat. Namun masalah ini biasanya terjadi pada laptop keluaran lama, yang sudah hadir lebih dari 4 tahun lalu.

Karena saat ini para pembuat perangkat keras laptop sudah memaksimalkan kinerja prosesor agar meminimalisir terjadinya overheat. Overheat dapat menyebabkan laptop mati sendiri karena itu merupakan salah satu mode otomatis di laptop agar tidak terjadi kerusakan yang berat.

Jika panas sudah berlebihan, maka laptop akan langsung menjalankan mekanisme shut down secara otomatis. 

Untuk Menangani hal ini caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan Sistem Operasi yang ringan, contohnya bisa menggunakan Windows dari seri dibawah windows10 atau menggunakan sistem operasi Linux, menurut Teraselektronik disarankan menggunakan Linux karena Aman dalam segala virus.

2. RAM Mengalami Kerusakan Fisik

Setiap perangkat keras di dalam laptop saling terkait satu sama lain seperti RAM yang bisa mengalami kerusakan secara fisik. Jika ada salah satu perangkat keras yang mengalami kerusakan, maka kinerja laptop akan mengalami masalah dalam perfoma atau yang lain.

Salah satu hardware yang krusial perannya bagi sebuah laptop adalah RAM . Jika RAM mengalami kerusakan fisik seperti tergores oleh tangan kita dengan benda lain, retak atau pecah, maka laptop akan jadi sering mati sendiri.

Hal ini dikarenakan tidak ada tempat untuk Sistem Operasi yang menyimpan data-data sementara. Salah satu tanda bahwa RAM rusak yaitu laptop mati sendiri setelah beberapa menit.

Kalian harus perlu bongkar laptop dan megamati RAM apakah ada goresan dibagian kuningannya atau tidak.

Alternatif yang lebih bagus, kalian bisa coba RAM lain. Jika saat menggunakan RAM lain laptop Sobat Androbuntu tidak mati, maka fix RAM kamu memang rusak.

Cara Menanganani Laptop Mati Sendiri Untuk Semua Merk boleh kalian coba tips salah satu yang mungkin dapat bermanfaat bagi kalian di bawah ini :

1. Boleh Kalian coba untuk mengganti Baterai atau Adapter

Jika sudah benar - benar terjadi kerusakan pada baterai laptop kalian, boleh saatnya kalian mengganti baterai laptop kalian dengan yang baru untuk tidak ada lagi kendala Laptop mati sendiri.

2. Perbaiki Sistem pendingin pada Laptop Kalian atau juga bisa menggunakan pendingin Eksternal

3. Mengganti Hardware Laptop yang Rusak bila itu mungkin menurut kalian terjadi kerusakan pada 

Hardware. Beberapa Komponen menurut Teraselektronik yang dibilang krusial atau sensitif antara lain yakni :

RAM
Motherboard
Prosessor

Tetapi jika memang harus diganti dari beberapa komponen yang mungkin menurut kalian terjadi kerusakan.

Semoga ini Cara yang mungkin dapat bermanfaat bagi kalian Sobat Teraselektronik.id


Belum ada Komentar untuk "Cara Menangani Laptop Mati Sendiri untuk Semua Merk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel